Wednesday 25 May 2011

Mancing Ikan versi Arisan Dan Umpan Yang Cocok

Siapa yang  suka mancing ikan,kenali dulu ikan dan umpannya, ikan mas menyukai jenis umpan tertentu seperti pelet, lebih disebabkan oleh faktor yang mempengaruhi pola makannya selama dalam masa masa hidup (masa pertumbuhan, memijah dst). Secara insting, hewan mampu mengenali jenis makanan yang layak untuknya. Yang penting bisa dimakan dan mampu dicerna oleh perutnya (edible food). Jika ikan (karper) dalam masa pertumbuhannya hanya mengenal makanan alami seperti ganggang, lumut & tanaman air lainnya , crustacea, ikan-ikan kecil , buah-buhan dan serangga maka ikan tersebut akan lebih menyukai jenis umpan alami tersebut.

mancing ikan

Tapi jangan lupa bahwa hewan (ikan) mampu beradaptasi dengan lingkungannya lebih cepat dari yang kita kira, apalagi ikan mas tergolong hewan yang rakus, sehingga walaupun ikan mas besar di tempat alami yang belum pernah ada umpan berbahan pelet jatuh di habitatnya, begitu ada manusia memberi makan berupa pelet atau umpan berbahan dasar ubi , maka ikan akan segera beradaptasi dan mengenalinya sebagai makanan. Pemancing pertama di tempat tersebut, ketika pertama kali mendapat ikan mas tentu akan meng-klaim bahwa hasil pancingannya didapat dengan bantuan umpan pelet sehingga demikian seterusnya sehingga dipercaya bahwa pelet adalah makan ikan mas.

Tentu kecenderungan ikan mas makan pelet akan mudah terpola pada ikan mas hasil pembudidayaan. Dari kecil ikan mas sudah dikenalkan dengan makanan berupa pelet. Contoh lain, bisa kita lihat juga pada empang galatama dimana ikan mas akan terpola menyukai jenis makanan tertentu setelah berkali-kali dibombardir, sagu, roti dll.

Kenapa pelet? Tentu ini merupakan kecerdasan manusia, karena sulit menyediakan makanan untuk pakan ikan budidayanya jika harus menyediakan umpan alami secara lebih murah dan kontinyu, maka dibuatlah makanan yang bahan, aroma, tingkat gizi mendekati karakteristik makanan alami dari jenis ikan yang dibudidayakan manusia. Maka dibuatlah umpan berupa pelet.

Untuk ikan mas arisan biasanya lebih suka ubi manis, tanggo susu sama katulampa kuning baru kroto, atau modif pelet jakarta, pelet 48s Super, pelet 52 jangng sama essen vanilla.


Ikan gurame juga begitu walau ikan herbivora tapi gurame juga suka makan pelet, anak udang kecil, lipas tanah, jangkrik, cacing, ulat bambu, daun daunan seperti lumut dan kangkung.
Ikan patin sama saja, tapi patin yang sudah lama dikolam paling suka dengan pelet, roti, caing kadang kadang kecuali patin baru, pelet untuk patin biasanya cenderung berbau amis seperti pelet 999 atau growbess atau pelet 781 yang paling jitu pelet merk laju pasti doyan.

Nah sekarang di PAlembang lagi trend mancing Arisan.
maksudnya begini dahulu kolam hanya ada untuk kolam kiloan paling kalo ada lomba atau galatama, tapi sekarang semua kolam pancing di kota palembang sudah menganut sistem mancing arisan.

Enaknya acara bisa tiap hari tanpa ada waktu alias ada yang 2 jam.
caranya siapa saja bisa ikut tanpa harus daftar dengan uang dengan jumlah tertentu, peserta tidak dibatasi asal kapasitas kolam cukup untuk pemancing.

Sistemnya tiap peserta menentukan sendiri berapa uang yang dikeluarkan.
misal peserta 40 orang masing masing bayar 20rb jadi total uang Rp. 800 rb.
nah jenis ikannya misalnya gurami perkilo 40rb atau patin 15 perkilo, jadi uang dikumpulkan dibayarkan pada berapa kilo ikan yang terangkat alias strike, buat yang dapat ikan gak bayar lagi walau dapet banyak, yang gak dapet ya nasib harus pinter buat umpan.

Satu gurame 40rb x 20 gurame yang terangkat jadi pas uangnya yang dibayar itu jika kolam berisi gurame semua, atau tinggal hitung jumlah ikan yang lain seperti patin atau ikan mas dalam kilonya, soal umpan bebas nentuin sendiri, alias pinter pinter sendiri klo mau strike terus.

Jika uang habis jika peserta ingin nyambung lagi tinggal nego sesama kawan mau bayar berapa lagi, atau yang tidak ikut bisa istirahat dulu. enaknya sistem begini kalo peserta nyampe 100 orang lebih, jadi beban tidak terlalu banyak, siapapun bisa ikut dalam mancing arisan ini.

Waktu bisa kapan saja yang paling rame malem minggu atau hari libur.
Hiburan alternatip ketimbang mancing kesungai dengan biaya yang terkadang lebih besar, belum lagi faktor alam yang kadang kadang hujan dan tempat dan jenis ikan sekarang rada sulit dicari, beda dengan lautan.

Salam strike buat yang hobby mancing.

No comments:

Post a Comment